... Selamat Datang di Situs Resmi Kecamatan Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur ...

Sabtu, 18 Juni 2016

Postur Aparatur Pemerintahan

     Dalam rangka meningkatkan kapasitas Pemerintah Daerah khususnya di kecamatan untuk pemberdayaan masyarakat melalui upaya pelayanan masyarakat secara lebih efektif, efisien dan berkeadilan, diperlukan penataan kembali administrasi dan manajemen pemerintahan yang bertumpu kepada nilai-nilai dan paradigma baru.
        Kecamatan Teluk Sampit membawahi 6 desa. Sejak tahun 2011 jumlah desa di kecamatan ini mengalami penambahan / pemekaran dari 4 desa menjadi 6 desa. Suatu desa dipimpin oleh seorang kepala desa. Sementara itu, jumlah satuan lingkungan setempat pada tingkat RW maupun RT pada tahun 2015 masing-masing berjumlah 13 RW dan 47 RT.
         Berdasarkan tingkat pembangunan dan kemampuan mengembangkan potensi yang dimilikinya, secara umum Kecamatan Teluk Sampit sudah bisa dikatakan mampu mengembangkan potensinya. Hal ini ditandai dengan seluruh desa yang ada di kecamatan ini sudah terklasifikasi dalam desa swasembada. Desa swasembada adalah desa yang lebih maju dan mampu mengembangkan semua potensi yang ada secara optimal. Pada desa yang terklasifikasi dalam desa swasembada ini hubungan antar manusianya bersifat trasional, mata pencaharian heterogen, teknologi dan pendidikan sudah tergolong tinggi, produktifitas juga tinggi, dan sudah terlepas dari adat, serta sarana dan prasarana sudah lengkap dan modern.

Tabel Statistik Wilayah Administrasi Pemerintahan Kecamatan Teluk Sampit

Tabel Jumlah Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) Per Desa

Tabel Klasifikasi Wilayah Administrasi Pemerintahan Per Desa


     Pegawai Negeri Sipil (PNS) berkedudukan sebagai unsur aparatur negara sebagai abdi masyarakat atau pelayan publik, sedangkan fungsinya memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil dan merata dalam penyelenggaraan tugas negara, pemerintahan dan pembangunan. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sumber daya manusia yang memadai. Semakin tinggi pendidikan yang dimiliki diharapkan memunculkan PNS yang kompeten dan memiliki integritas tinggi. 
     Kecamatan Teluk Sampit terdiri dari beberapa unsur Pemerintahan antara lain Kantor Kecamatan Teluk Sampit, UPTD Diknas, UPTD Puskesmas, UPTB PPKB, UPT BPP, Posramil, dan Pospol. Pemerintahan Kecamatan Teluk Sampit berpusat di Desa Ujung Pandaran.
     Kantor Kecamatan Teluk Sampit beralamat di Jalan Samuda - Ujung Pandaran Kode Pos 74363. Jumlah pegawai di Kantor Kecamatan Teluk Sampit ada 15 orang, dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 11 orang dan sisanya tenaga honorer. Sebanyak 63,63 persen PNS di lingkup kantor Kecamatan Teluk Sampit berpendidikan sarjana dan sisanya 36,36 persen berpendidikan SMA kebawah.

Tabel Jumlah Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kecamatan Teluk Sampit Menurut Golongan
 Pada Tahun 2015

Tabel Jumlah Pegawai Negeri Sipil di Kantor Kecamatan Teluk Sampit Menurut Tingkat Pendidikan Pada Tahun 2015

     Dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan, telah ditetapkan Peraturan Daerah tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Kotawaringin Timur, yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur No. 20 Tahun 2008 (Lembaran Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2008 Nomor 23). Berdasarkan peraturan daerah tersebut, struktur organisasi Kecamatan Teluk Sampit terdiri atas  :
1.   Camat;
2.   Sekretaris Kecamatan;
3.   Kepala Seksi Pemerintahan;
4.   Kepala Seksi Pembangunan;
5.   Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa;
6.   Kepala Seksi Administrasi;
7.   Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban;
8.   Kasubbag Umum dan Perencanaan;
9.   Kasubbag Keuangan;
10. Kasubbag Kepegawaian;
11. Staf / Pelaksana.



Share:
Diberdayakan oleh Blogger.